Peran Teknologi Artificial Intelligence Terhadap Perubahan Hidup Masyarakat

Hadirnya teknologi seringkali dijadikan tolak ukur kemajuan manusia untuk keperluan sehari-hari. Kehadiran teknologi yang mempunyai fitur-fitur terbaru,fungsi terbaru sangat berdampak bagi kehidupan manusia. Salah satu teknologi terbaru yang semakin dikembangkan kedepannya adalah Artificial Intelligence atau biasa disebut AI. Saat ini Artificial Intelligence sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia. Artificial Intelligence adalah sistem kecerdasan buatan yang dikembangkan yang memungkinkan untuk berpikir atau bertindak layaknya manusia. Dapat kita rasakan berbagai kemudahan yang didapatkan dari perkembangan AI ini,namun ada kekhawatiran yang muncul seperti turunnya nilai produktivitas manusia. Hasil penelitian menunjukkan peran AI sangatlah berdampak pada kehidupan manusia. Hal tersebut dapat dilihat dari pola kehidupan manusia yang dengan adanya kemajuan teknologi,manusia mulai beradaptasi dan bersikap individualis.

Menurut John McCarthy, (1956), kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence merupakan upaya untuk memodelkan proses berpikir manusia dan merancang mesin agar dapat meniru perilaku manusia. Selain itu AI ditujukan untuk berpikir secara logis dan mengambil keputusan Yang Baik.Menurut Iver dan Page, masyarakat adalah suatu sistem dari adat dan tata cara, dari wewenang dan kerja sama antara berbagai kelompok dan kategori, kontrol perilaku, serta berbagai kebebasan manusia. Perubahan sosial merupakan perubahan dalam pola,perilaku,kultur, dan tatanan dalam masyarakat. Sebagai makhluk sosial yang dinamis,manusia akan selalu mengalami perubahan yang ada. Teknologi telah mengubah masyarakat yang sebelumnya mempunyai kehidupan yang tradisional menjadi kehidupan yang modern. Terdapat banyak faktor yang mempengaruhi kehidupan masyarakat,salah satunya yaitu kemajuan dan perkembangan teknologi seperti penemuan-penemuan baru. Penemuan baru merupakan salah satu hasil pengembangan ilmu pengetahuan dari manusia yang selalu diperbarui. Perubahan teknologi akan menyebar dan merubah tatanan hidup dalam masyarakat.

Peran Teknologi Artificial Intelligence Dalam Kehidupan Masyarakat.

Perkembangan teknologi berkembang sangat cepat berjalan seiringnya waktu dan berbagai penemuan baru di dalam kehidupan manusia. Perkembangan teknologi dapat dirasakan oleh manusia yang sangat berdampak pada kehidupan sekarang ini salah satunya adalah Artificial Intelligence. Peran teknologi tersebut sudah banyak diterapkan dalam kehidupan manusia diantaranya:

1. Pendidikan

Penggunaan Artificial Intelligence sebagai sarana untuk mengembangkan keterampilan pembelajaran mandiri, sehingga pelajar atau siswa proaktif dalam meningkatkan kemampuan akademiknya dengan memanfaatkan aplikasi pembelajaran digital informal seperti Youtube, Instagram, Chart Gpt, dan lain Sebagainya dimana dalam aplikasi tersebut terdapat Artificial Intelligence di dalamnya.

2. Kesehatan

Berdasarkan data dalam layanan kesehatan yang menunjukkan bahwa Artificial Intelligence akan semakin banyak diterapkan di bidang kesehatan. Beberapa jenis Artificial Intelligence yang sudah digunakan seperti untuk mendiagnosis, pengobatan,pemantauan pasien jarak jauh, keterlibatan dan kepatuhan pasien.

3. Keamanan Seiring dengan teknologi yang terus berkembang,Artificial Intelligence telah muncul sebagai kekuatan revolusioner yang mengubah berbagai industri dan sektor. Salah Satunya,mengaplikasikannya ke dalam keamanan sistem smartphone yang telah berdampak signifikan terhadap cara kita berinteraksi dengan perangkat tersebut. Sistem Pengenalan wajah, sidik jari, privasi data dalam smartphone merupakan penerapan Artificial Intelligence Yang menjamin keamanan pengguna smartphone, sehingga para pengguna tidak perlu khawatir lagi apabila terjadi penyalahgunaan smartphone miliknya

Related Post

Bridging Technology for Humanity
Jl. D.I Panjaitan No. 128 Purwokerto 53147, Jawa Tengah – Indonesia

Telp : 0281-641629

WA  : 0812-2831-9222

Email : [email protected]

Website Official : ittelkom-pwt.ac.id

Website PMB : pmb.ittelkom-pwt.ac.id

Negara : Indonesia

Telp

WA

Email

Website Official

Website PMB

Negara

Fakultas Teknik Telekomunikasi dan Elektro (FTTE)

Fakultas Rekayasa Industri dan Desain (FRID)

Copyright ©2024 All Rights Reserved By PMB Institut Teknologi Telkom Purwokerto