Yuk, Mengenal Teknik Telekomunikasi dan Peluang Kerja di Masa Depan

Transformasi teknologi telekomunikasi di Indonesia semakin berkembang pesat. Hal ini ditandai dengan kehadiran jaringan telekomunikasi 5G yang menjadi idola di kalangan generasi muda. Jurusan teknik telekomunikasi atau digital connectivity dapat menjadi opsi kamu yang tertarik untuk mendalami dunia telekomunikasi dan berkarier di industri tersebut. Pada awalnya, jurusan ini merupakan bagian dari teknik elektro. Akan tetapi, karena perkembangan teknologi telekomunikasi yang sangat pesat, ilmu yang dipelajari pun makin banyak sehingga kemudian dijadikan jurusan tersendiri. Jurusan teknik telekomunikasi tidak hanya mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan jaringan kabel dan nirkabel saja, tetapi juga meliputi cakupan yang lebih luas lagi. Ayo kita kenali lebih dalam jurusan ini agar masa depanmu semakin mantap .

Apa itu Teknik Telekomunikasi?

Jurusan teknik telekomunikasi atau digital connectivity merupakan program studi yang mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan rekayasa teknologi telekomunikasi meliputi protokol, layanan, dan teknik transmisi agar proses penyebaran informasi menjadi lebih efisien.  Jurusan ini merupakan perpaduan antara teknik elektro, ilmu komputer, ilmu sains dan matematika yang penerapannya digunakan untuk meningkatkan sistem telekomunikasi. Maka kamu harus bersiap untuk mata kuliah elektronika, algoritma pemrograman, fisika, dan juga matematika. Mata kuliah fisika akan lebih membahas ke fisika listrik, sedangkan mata kuliah matematika akan mempelajari aljabar boolean, matriks dan ruang vektor, statistika, kalkulus, dan matematika diskrit. Pada mata kuliah algoritma dan pemrograman, ilmunya akan digunakan bersamaan dengan ilmu jaringan seperti teknik telekomunikasi, rekayasa jaringan, radio, radar, keamanan jaringan, hingga komunikasi optik sehingga apa yang kamu pelajari akan jadi lebih kompleks lagi bila dibandingkan dengan jurusan teknik informatika.

Alasan Memilih Jurusan Teknik Telekomunikasi

Berikut ini alasan mengapa kamu harus memilih jurusan teknik telekomunikasi :

  1. Jurusan ini memiliki peluang besar untuk berkarir di industri telekomunikasi.
  2. Lulusan teknik telekomunikasi memiliki keahlian yang spesifik, sehingga belum banyak saingan dan dicari banyak perusahaan.
  3. Memiliki peluang memperoleh gaji yang tinggi.

Prospek Kerja Teknik Telekomunikasi Lulusan sarjana maupun diploma jurusan teknik telekomunikasi atau digital connectivity memiliki prospek kerja yang luas. Lulusan jurusan ini tidak hanya dibutuhkan oleh perusahaan di industri telekomunikasi, penyedia layanan internet, maupun perusahaan satelit, tetapi juga di industri lainnya seperti perbankan, industri minyak dan pertambangan, industri kreatif, industri penerbangan, dan masih banyak perusahaan lainnya yang memerlukan sarjana telekomunikasi untuk membangun jaringan telekomunikasi, baik itu yang kabel maupun nirkabel.

Related Post

Bridging Technology for Humanity
Jl. D.I Panjaitan No. 128 Purwokerto 53147, Jawa Tengah – Indonesia

Telp : 0281-641629

WA  : 0812-2831-9222

Email : [email protected]

Website Official : ittelkom-pwt.ac.id

Website PMB : pmb.ittelkom-pwt.ac.id

Negara : Indonesia

Telp

WA

Email

Website Official

Website PMB

Negara

Fakultas Teknik Telekomunikasi dan Elektro (FTTE)

Fakultas Rekayasa Industri dan Desain (FRID)

Copyright ©2024 All Rights Reserved By PMB Institut Teknologi Telkom Purwokerto