Grand Opening Mentoring – Asistensi Agama Islam oleh Sentra Kerohanian Islam IT Telkom Purwokerto

Grand Opening Mentoring – Asistensi Agama Islam oleh Sentra Kerohanian Islam IT Telkom Purwokerto

Mentoring agama Islam merupakan salah satu sarana tarbiyah islamiyah (pembinaan Islami) yang didalamnya dilakukan pembelajaran Islam. Orientasi mentoring adalah pada pembentukan karakter dan kepribadian Islami peserta (syakhsiyah Islamiyah). Selain itu, kegiatan ini merupakan salah satu cara berinteraksi dengan fitrah manusia baik secara langsung (berupa kata–kata) maupun secara tidak langsung (melalui keteladanan), untuk memproses perubahan dalam diri manusia secara baik. Seperti firman Allah SWT :

“Sungguh Allah telah memberi karunia kepada orang–orang yang beriman ketika Allah mengutus di antara mereka seorang Rasul dari golongan mereka sendiri, yang membacakan kepada mereka ayat – ayat Allah, membersihkan jiwa mereka, dan mengajarkan kepada mereka Al Kitab dan Al Hikmah. Dan sesungguhnya sebelum (kedatangan nabi) itu, mereka adalah benar – benar dalam kesesatan yang nyata.” (Qs. Ali Imran : 164)

Mentoring Agama Islam adalah kegiatan pendidikan dan pembinaan agama Islam dalam bentuk pengajian kelompok kecil yang diselenggarakan rutin tiap pekan dan berkelanjutan. Tiap kelompok pengajian terdiri atas 3-10 orang, dengan dibimbing oleh seorang pembina. Untuk memulai kegiatan mentoring maka diperlukan sebuah kajian yang mempertemukan seluruh peserta dan dikemas dengan acara Grand Opening Mentoring 2018 dengan tema “ Menjadi Teman Dunia dan Syurga”. Tujuan diselenggerakanya kegiatan Grand Opening Mentoring ini yakni:

  1. Menumbuhkan pemahaman islam secara benar dan
  2. Meningkatkan kedisiplinan
  3. Meningkatkan kesadaran untuk meningkatkan potensi
  4. Meningkatkan life skillmahasiswa untuk bekal masa depan.
  5. Meningkatkan ukhuwah Islamiyah dilingkungan

 

Acara ini diselengarakan pada Sabtu, 10 Maret 2018 yang bertempat di Aula SMK Telkom Purwokerto. Bentuk kegiatannya meliputi kajian umum, CERDIK (Ceramah Diskusi), pembagian kelompok mentoring, serta kontrak mentoring. Sasaran kegiatan ini ditujukan kepada seluruh mahasiswa/mahasiswi muslim Institut Teknologi Telkom Purwokerto khususnya mahasiswa yang mengambil mata kuliah Pendidikan Agama Islam angkatan 2017. Periode pelaksaan mentoring sendiri ialah selama satu semester dalam semester genap ini.

 

Kegiatan ini wajib diikuti oleh Mahasiswa/i angkatan 2017 dan bagi yang mengulang matakuliah agama islam serta kegiatan tersebut berlangsung di Aula Kawasan Telkom Terpadu.  Disamping itu, acara dipimpin oleh MC yaitu Khairul Bariyat bersama Tri Kherudin. Acara dimulai dengan sambutan dari Rektor Institut Teknologi Telkom Purwokerto yaitu Dr. Ali Rokhman, M.Si. serta sambutan dari perwakilan dosen agama yaitu bapak Imam Labib Baurrokhman, Lc.. Selanjutnya sambutan dari pembina UKM SKI yaitu bapak Muhammad Zidny Naf’an, Lc., S.Kom., M.Kom dan dilanjut dengan materi oleh bapak Ibnu Hasan, M.Si tentang “Menjadi teman sehidup sesurga”. Setelah itu dilakukan sesi tanya jawab para peserta yang sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut. Di akhir, acara ditutup dengan bacaan hamdalah dan do’a kafaratul majlis. Setelah penutupan acara, kemudian pembagian kelompok dan juga pertemuan dengan tentor masing-masing. Pertemuan yang pertama antara tentor dan menti tiap kelompok meliputi perkenalan diri, penjelasan sistematika mentoring dan penentuan jadwal mentoring.

Add Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *